RadenTherader

Mengulas Giveaway | Blogging | SEO dan Trading Dalam Ruang Lingkup Investasi Bisnis

Tujuh Alasan Harus Mengimplementasikan CRM Tools di Bisnis Anda

Tujuh Alasan Harus Mengimplementasikan CRM Tools di Bisnis Anda

Sumber gambar ; Unsplash / nick-morrison (Ilustrasi foto)

Kali ini mau sedikit share artikel mengenai teknologi enterprise level yang mungkin akan berguna untuk teman-teman baik yang sedang membangun bisnis, maupun yang bisnisnya sudah besar ya. 

Nama teknologinya adalah Customer Relationship Management (CRM), teknologi ini basicnya adalah menggabungkan prinsip Big Data (Database) dengan Kecerdasan Buatan (AI) dan juga Bisnis Intelligence (BI).

Berikut ini tujuh alasan mengapa harus mengimplementasikan CRM Tools di bisnis anda.

1. Marketing

Berkaitan dengan fungsi CRM untuk marketing area, di antaranya ada empat cara atau strategi pemasaran produk yang bisa diterapkan sebagai berikut :

Up Selling : pada cara ini perusahaan menyajikan produk dan layanan dengan porsi atau ukuran yang lebih besar dengan tarif yang sama.

Cross Selling : perusahaan menawarkan produk atau layanan tambahan sebagai pelengkap untuk produk atau layanan tambahan sebagai pelengkap untuk produk utama.

Behavior Prediction : perusahaan memanfaatkan data-data pelanggan melalui platform CRM untuk digali kebiasaannya.

Costumer Retention : pada metode ini, perusahaan memanfaatkan data-data pelanggan mereka melalui CRM agar dapat melakukan analisa lebih dalam lagi mengenai alasan mengapa mereka beralih dari menggunakan produk kita.

2. Training

Fungsi kedua dari CRM adalah untuk training ataupun pelatihan di sisi operasional perusahaan yang belum berhubungan dengan pelayanan untuk pelanggan kita.

3. Human Resource Development

Berkaitan dengan CRM, maka fungsinya sebagai HRD, CRM bertindak menjadi Employee Resource Management (ERM).

ERM berperan menjembatani antara perusahaan dengan para pegawainya agar tetap terikat dalam satu kesatuan untuk bersama-sama mewujudkan tujuan bisnis perusahaan melalui hubungan baik dengan pelanggan.

4. Sales

Fungsi keempat dari CRM adalah untuk penjualan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan.

Unit sales ini pada perusahaan menjadi salah satu ujung tombak perusahaan ketika berhadapan dengan para pelanggan.

Intinya adalah CRM apps ini pengguna intinya adalah tim sales dan beririsan dengan marketing dan support (costumer servis).

5. Compensation

Fungsi kelima dari CRM adalah compensation, ini merujuk kepada kompensasi (pembayaran, komisi, upah, dan bonus) yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya atas keberhasilan mereka di dalam menjalankan bisnis perusahaan serta yang diberikan perusahaan kepada pelanggan yang memiliki loyalitas tertinggi.

6. Performance Management

Fungsi keenam dari CRM adalah sebagai performance management. CRM berperan membantu perusahaan untuk mengukur performance penjualan produk yang telah dilakukan, management terhadap performance dari penjualan produk, mengukur tingkat kepuasan pelanggan, serta analisa dan pengambilan keputusan terkait dengan strategi bisnis yang diambil.

Dalam teknisnya, penerapan fungsi CRM sebagai sales performance management salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi data Mining, Business Intelligence, Data Warehouse, dan juga Big Data.

7. Professional Development

Fungsi ketujuh dari CRM adalah sebagai profesional development atau sarana pengembangan ke profesian secara individu pada setiap karyawan di perusahaan agar dapat meningkatkan kemampuan diri, kemampuan daya saing, dan kompetensi di dalam menghadapi persaingan.

Peran CRM sebagai profesional development mampu memberikan edukasi kepada karyawan mengenai tiga hal berikut ini :

a. Pemahaman mengenai fitur, menu, dan layanan dari CRM memanfaatkan seperangkat dokumentasi lengkap yang diberikan oleh sistem CRM.

b. Pemahaman dan pengetahuan mengenai produk dan layanan yang ditawarkan kepada pelanggan berbasiskan data-data yang disediakan oleh CRM.

c. Pemahaman mengenai pelanggan secara lebih detail, yang meliputi seputar selera pelanggan, minat pelanggan, keinginan pelanggan, serta transaksi yang dilakukan.

Nah itulah artikel mengenai tujuh alasan mengapa harus mengimplementasikan CRM Tools di bisnis anda.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader