RadenTherader

Mengulas Giveaway | Blogging | SEO dan Trading Dalam Ruang Lingkup Investasi Bisnis

Istilah-istilah Umum yang Digunakan di Facebook Ads

Istilah-istilah Umum yang Digunakan di Facebook Ads

Sumber gambar : Unsplash

Beberapa artikel yang lalu selalu membahas mengenai teknik beriklan, tapi lupa bahas istilah istilah yang umum digunakan dalam Teknik beriklan khususnya di Facebook dan Instagram. 

Pada kesempatan kali ini akan mencoba membahas beberapa istilah yang umum di dalam Facebook Ads.

Daripada penasaran yuklah dibaca baca aja artikel tentang istilah-istilah umum yang digunakan di Facebook Ads di bawah ini.

1. Campaign

Campaign adalah struktur Facebook Ads yang terdiri dari satu atau beberapa kumpulan adset. Di sini adalah step awal anda setup untuk iklan sesuai dengan tujuan.

2. Adset

Adalah struktur Facebook yang terdiri dari satu ataupun beberapa mater iklan. Di sini merupakan tempat untuk penargetan, atur budget, bidding, penempatan iklan, dan potensi reach.

3. Materi Iklan (Ad)

Adalah di mana tempat teman-teman mempersiapkan konten untuk berikan, baik itu gambar, carousel, video, lainnya.

4. Ads Manager

Adalah di mana tempat teman-teman dapat membantu segala sesuatu mengenai fasilitas beriklan di Facebook dan Instagram.

5. Facebook Business Manager

Adalah tempat di mana anda dapat mengelola halaman Facebook dan akun iklan anda. Facebook Business Manager dapat anda akses melalui link https://business.facebook.com/

6. Custom Audience

Adalah teknik beriklan dengan audience yang sudah anda miliki data-data prospeknya.

7. Look Alike Audience

Adalah turunan dari custom audience hanya saja LLA di sini lebih spesifik. LLA mendeteksi behavior dari custom audience anda yang memiliki interest sama dengan custom audience anda.

8. Objektive

Objektive adalah tujuan dari iklan yang akan anda lakukan.

9. Brand Awareness

Adalah sebuah opsi beriklan di mana tujuannya untuk memberi tahu audience anda tentang produk dan brand yang anda punya.

10. Facebook Pixel

Adalah sebuah kode Facebook yang dimuat ke dalam website anda dan berfungsi untuk mengukur, mengumpulkan, dan mengoptimasi audience anda. Data behavior ini nantinya akan kita gunakan untuk keperluan beriklan.

11. Tipe-tipe Pixel Event

a. View Content : Pixel event yang umumnya dipasang di halaman utama sebuah website atau landing page.

b. Add to Cart : Pixel event yang biasa dimasukkan ke halaman form pembayaran.

c. Add to Wishlist : Pixel event yang biasanya dipasang pembelanjaan.

d. Intiate Check Out : Pixel event yang digunakan untuk mengukur orang yang sudah selesai mengisi form pemesanan.

e. Purchas : Pixel event untuk mengukur halaman yang sudah melakukan transaksi.

f. Video Views : Data dari iklan yang menonton iklan video anda.

g. Audience Insight : Halaman di mana anda dapat melihat seputar audience anda.

h. Cost Per Million Impression (CPM) : Biaya yang timbul apabila iklan anda sudah mencapai reach sebanyak 1000.

12. Click Through Rate (CTR)

Adalah singkatan dari click through rate, formulanya adalah jumlah klik yang diterima iklan anda dibagi dengan berapa kali iklan anda ditampilkan.

Sebagai contoh, iklan A tampil sebanyak 1000 kali dan di klik sebanyak 100 kali, artinya CTR yang dihasilkan adalah 10 %.

13. Cost Per Click (CPC)

Biaya per click yang di change oleh Facebook saat ada yang mengklik iklan anda.

14. Return of Ad Spending

Adalah data keuntungan hasil dari beriklan.

15. Reach

Adalah jangkauan seberapa banyak iklan anda dilihat orang pengguna media sosial.

16. Impression

Impression adalah jumlah tayangan iklan anda.

17. Frequency

Adalah total jumlah dari berapa banyak iklan tersebut tayang ke audience yang sama.

18. Relavence Score

Adalah angka yang menentukan seberapa relevan target audience anda dengan iklan yang anda targetkan.

Contoh score 1-5 adalah Bad, 6-7 good, dan score 8-10 verry good.

Demikianlah pembahasan mengenai istilah-istilah umum yang biasa digunakan di Facebook Ads.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader