RadenTherader

Mengulas Giveaway | Blogging | SEO dan Trading Dalam Ruang Lingkup Investasi Bisnis

Hukum Malam Mingguan, Apakah Boleh? Ini Penjelasannya

Hukum Malam Mingguan, Apakah Boleh? Ini Penjelasannya

Sumber Gambar : svklimkin dari Pixabay


Malam minggu adalah malam yang dinanti-nanti oleh setiap orang, terutama bagi kaum remaja. Sebab bukan menjadi hari libur atau untuk melepaskan penat saja setelah bekerja selama satu minggu.

Namun bagi sebagian kaum remaja, malam minggu adalah malam yang identik dengan tradisi hura-hura atau foya-foya dan wakuncar (waktu kunjung pacar.)

Kegiatan malam mingguan ini terjadi semenjak seiring masuknya budaya barat yang lebih membebaskan hubungan antara laki-laki dan perempuan yang belum mahram. Seolah hal demikian sudah menjadi lumrah dan menjadi tradisi di setiap malam minggu.

Bahkan banyak bisa kita jumpai pada tempat-tempat tertentu pada malam Minggu, banyak pasangan yang bukan mahram menyendiri berduaan. Sebenarnya kegiatan ini dilarang dalam Islam sebab orang ketiga adalah setan sebagaimana HR. Ahmad, Ibn Hibban, Al Thabrani, dan Al Baihaqi yang artinya :

“Janganlah salah seorang dari kalian berkhalwat dengan seorang wanita, karena sesungguhnya setan menjadi yang ketiga di antara mereka berdua.”

Maka jangan sampai terbesit dalam fikiran kita, jika tidak melakukan hal seperti di atas itu tidak dibilang keren dan tidak gaul. Padahal jelas kalau dilihat dari segi mudharatnya lebih banyak daripada manfaatnya.

Sementara dalam Islam, umatnya tidak dianjurkan dan tidak diperbolehkan dalam melakukan foya-foya seperti kegiatan di atas karena itu merupakan temannya syetan sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Mu’minun yang artinya, “Apakah kalian berpikir bahwa kalian kami ciptakan untuk berfoya-foya begitu saja? Lalu kalian tidak kembali kepada kami. Kalian tidak ditanya apa yang dilakukan di dunia?”

Tradisi semacam di atas seharusnya dirubah dengan kegiatan yang positif dan banyak manfaatnya. Dengan demikian, hidup seorang remaja muslim sejati akan lebih berarti dan insaallah mendapat rida dari Allah SWT

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader