RadenTherader

Mengulas Giveaway | Blogging | SEO dan Trading Dalam Ruang Lingkup Investasi Bisnis

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Beriklan di Media Sosial

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memutuskan Untuk Beriklan di Media Sosial

Sumber Gambar : Unsplash / Glen Carrie

Sebelum memutuskan untuk beriklan di media sosial, ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk beriklan di media sosial agar ketika beriklan bisa menghasilkan dan tidak rugi.

Sudah pasti tidak enak jika beriklan di media sosial mengalami kerugian dan hanya mendapatkan leads saja. Maka dalam kesempatan ini akan diulas mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum beriklan di media sosial.

Kriteria Produk yang Baik

Sebelum memutuskan beriklan di media sosial sebaiknya perhatikan beberapa factor terutama dalam kualitas produk. Adapun jenis kriteria produk yang baik adalah memiliki keuntungan tertentu per produk, satu kali order bisa profit dari sisi quantity, dan repeat order yang tinggi dari costumer.

Kenapa tiga jenis kriteria produk yang baik  di atas sangat diperlukan dalam beriklan di media sosial.?

Pertama, karena anda masih dalam meraba-raba dalam hal biaya yang akan anda hasilkan dalam setiap satu kali pembelian dari iklan anda.

Kedua, iklan anda bisa mahal saat anda melakukan fase testing awal dalam beriklan ataupun terkadang ketika disaat tanggal tertentu umumnya saat holiday season.

Ketiga, pertimbangkan juga jika bisnis scale up sehingga harus membayar admin dan CS untuk mengurusi bisnis anda, tentu biaya costnya akan lebih mahal.

Tips Simpel Untuk Beriklan

Beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memutuskan untuk beriklan di media sosial adalah sebagai berikut ini :

Cost Per Lead : Jumlah leads yang masuk atau bertanya di bandingkan dengan jumlah konversi

Average Order Value : Nilai rata-rata jumlah pembelian dari setiap buyer

Contoh kalkulasi :

Produk contoh A :

1.     Harga konsumen : Rp. 700.000 per produk

2.     Profit Rp. 200.000 per produk

3.     Closing rate : 40 persen dari jumlah leads yang masuk. Jadi cost leads yang masuk = 10 kali profit

4.     Jadi biaya = 20.000 per leads

Setiap 10 leads yang masuk kita harus membayar iklan media sosial sebesar Rp. 200.000 dari 10 leads. Sementara ada 4 jumlah transaksi yang menghasilkan profit sebanyak Rp. 800.000

Jadi uang yang dihasilkan sejumlah Rp. 800.000 dikurang Rp. 200.000 sama dengan Rp. 600.000.

Kesimpulannya adalah setelah mengetahui metode perhitungannya, target kita adalah beriklan sesuai dengan budget. Jangan sampai anda beriklan hanya menghasilkan leads saja ataupun jika menghasilkan namun jika dihitung-hitung hanya balik modal.

Jadi siapkan produk terbaik anda, strategi terbaik, dan tentu jangan lupa lakukan kalkulasi sederhana sebelum memulai iklan di media sosial.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Menu Halaman Statis

Copyright © 2021

RadenTherader